Kamis, 26 Desember 2013

Pengalaman Rekruitmen Aslab Madas

Setelah beberapa bulan masuk semester 3, Laboratorium Manajemen Dasar membuka lowongan asisten baru. Pertama-tama calon aslab yang ingin mendaftar harus menyerahkan berkas, seperti surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, daftar nilai (IPK min 3.00 dan matkul matematika ekonomi 1 dan 2 min B),  foto kopi krs,ktp,dan ktm, foto, dan sertifikat kalau ada. Kita diberi jangka watu satu bulan untuk menyerahkan berkas. Setelah itu, jika sudah memenuhi syarat administrasi, calon aslab disms untuk hadir test tertulis dihari minggu. Dan saat itu saya tidak disms, sedangkan teman-teman sekelas saya yang ikut mendaftar sudah disms. Saya bingung apa yang salah dengan administrasi saya, karena saya rasa semuanya sudah memenuhi syarat. Tadinya saya berpikir mungkin belum rejeki saya, tapi karena saya masih penasaran, saya coba sms pj rekruitmennya. Dan ternyata saya lolos, cuma ngak ke sms karena failed -__-

Saya datang test tertulis hari minggu, dan banyak juga pesertanya, dari kelas saya saja 11 orang. Kami testnya di dalam lab madas. Testnya terdiri dari 4 sesi, yaitu mengerjakan soal matek 1, soal matek 2, membuat soal dan jawaban matek 1, dan membuat soal dan jawaban matek 2 dengan waktu 30 menit untuk mengerjakan soal dan 10 menit untuk membuat soal. Dan pengumuman lolos atau tidaknya akan disms. Dan saya disms untuk lanjut ketahap selanjutnya. Namun untuk test selanjutnya hari minggu kami disuruh membuat modul sendiri (softcopy dn hardcopy) dengan materi yang berbeda-beda dengan referensinya harus dari buku. Saat itu saya dapat materi integral tentu. Berarti kami hanya diberi waktu 3 hari untuk menyelesaikan modulnya karena baru di sms hari rabu malam dan harus dikirim email hari sabtu malam, sedangkan saat itu juga ada tugas kuliah. Tapi, menurut saya disinilah di uji keprofesionalan kita. Dan akhirnya saya berhasil menyelesaikan modulnya sebelum deadline.

Hari minggu kami ndisuruh datan jam 7.30. Saya kira test yang pertama adalah test tutorial, namun ternyata sebelumnya ada test wawancara terlebih dahulu dengan kakak asistennya. Wawancara yang ini tidak sendiri-sendiri namun berlima. kami ditanya seputar kasus yang pernah terjadi atau yang mungkin terjadi di lab, seperti tindakan apa yang akan diambil jika ada praktikan yang telat melebihi waktu yang telah ditentukan, jika praktikan ada yang menangis karena belum mendapat nilai maksimal, dan tentang pengetahuan umum. Dan pengumumannya langsung hari itu juga, dan yang lolos baru lanjut ketahap tutorial. Syukurlah saya lolos.

Di tahap tutorial, kita di uji untuk menjadi tutor dengan praktikannya adalah kakak aslab. Banyak pertanyaan aneh yang ditanyakan seperti kenapa rumusnya bisa min terus itu dapatnya dari mana. Disini bisa-bisanya kita aja buat jawab meskipun kita ngak tau jawabannya, yang terpenting jangan terlihat tegang. Dan untuk test tutorial, pengumumannya hari itu juga, dan puji syukur saya lolos. And you know what? ternyata masih ada test wawancara lagi sama aslabnya, hanya saja kali ini sendiri-sendiri dan pertanyaan seputar pertanyaan pribadi, seperti kenapa ingin menjadi aslab di lab madas, apa yang akan kita kasih ke lab madas, kekurangan diri sendiri dan mempromosikan diri kita sendiri agar keterima menjadi aslab. Setelah itu kami disuruh menunggu pengumumannya. Dan setelah menunggu agak lama akhirnya saya lolos. Eits, tapi itu bukan test yang terakhir karena masih ada test lagi. Kami disuruh datang hari jumat untuk wawancara dengan staff.

Ketika datang test hari jumat saya kira hanya wawancara dengan staff saja, ternyata ada test bahasa ingris, logika matematika, psikotest dan test mengetik contoh modul dan daftar nilai. Hari itu semua test udah dijalanin dan kita disuruh pulang dan menunggu pengumuman lewat sms. Malamnya langsung disms yang isinys selamat karena lolos ke tahap selanjutnya besok hari sabtu. Saya kira testnya sudah selesai ternyata masih ada lagi. Dari kelas saya yang lolos ada 4 orang, saya, Reres, Imel, sama Nova. Untuk test terakhir ini, kami masuk semua ke ruang staff untuk wawancara lagi, hanya saja kali ini dengan staff yang lebih muda. Pertanyaan tidak jauh beda dengan pertanyaan-pertanyaan wawancara sebelumnya. Tapi kali ini kami disuruh memilih teman yang kira-kira tidak akan lolos. Saat itu tersisa 9 orang dari depok yang lolos ke tahap ini. And Finally, ada 7 orang yang resmi lolos menjadi asisten lab manajemen dasar dan itu termasuk saya^^ Akhirnya, setelah rangkaian test yang panjang lolos juga. Dan ini adalah awal yang baru, semoga saya bisa bekerja sama dengan baik di lab madas.


By : Gusti Nyoman Padma


Tidak ada komentar:

Posting Komentar