Rabu, 25 Desember 2013

Lima Langkah Sehat Kini dan Nanti


Hidup sehat itu tak serumit yang kita pikirkan. Masukkan lima langkah sehat ini dalam perencanaan kegiatan sehari-hari. Sederhana, namun bermanfaat bagi jiwa dan raga kita, sekarang dan nanti.

Hiasi Piring dengan Pelangi
Institut Kanker Nasional Amerika menyarankan kita mengkonsumsi 5 kelompok bahan pangan berwarna setiap hari: merah, putih biru/ungu, kuning, dan hijau. Setiap warna menunjukkan keberadaan senyawa bioaktif pencegah penyakit tertentu.

Minum Air Sedikitnya 2 Liter Perhari
Sangat sering kita mendengar bahwa orang dewasa harus minum sedikitnya 8 gelas per hari. Tapi, cukup banyak orang kurang mempedulikannya. Padahal rasa haus sudah menjadi tanda kita kekurangan cairn. Kurang minum dapat berdampak pada munculnya penyakit degeneratif dikemudian hari.

Evaluasi Diri Secara Berkala
Menurut Dinastuti, M.Psi, psikologi klinis, seringkali orang terkena depresi kerena memiliki ekspetasi yang jauh diatas kemampuan dirinya. Dapat dihindari dengan mengevaluasi diri secara berkala. Bermeditasi atau beribadah setiap hari dapat menjadi sarannya.

Mengombinasikan Jenis Olahraga Rutin
Disamping Latihan kardio, kita juga perlu mengombinasikan olahraga rutin dengan latihan yang meningkatkan kekuatan serta fleksibilitas otot. Mulailah dengan 15 menit perlatihan dalam minggu pertama. Lalu tingkatkan menjadi 20 menit di minggu kedua dan seterusnya. Jangan lupa berikan jeda istirahat 2-3 hari bagi tubuh.

Asah Ketajaman Ingatan dengan Teknik Mnemonics
Teknik ini memakai aneka petunjuk atau trik penghubung yang bisa membuat kita lebih mudah mengingat. Contohnya, bermain dengan akronim atau singktan. Daftar belanjaan yang terdiri dari mentega, Odol, Roti, an Es yang disingkan menjadi MORE.


Referensi 
Buku Take A Step Toward Reaching Your Goals


Tidak ada komentar:

Posting Komentar