Jumat, 08 November 2013

Observasi Primkop Mitra Maju Jaya

Nama Koperasi         : Primkop Mitra Maju Jaya

Alamat                       : Jl. Jenderal Sudirman kav. 55 Kelurahan Senayan, Kecamatan                                         Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12190

No. Telpon                : 5234423, 5234424

Sejarah Berdirinya Primkop Mitra Maju Jaya

Koperasi Mitra Maju Jaya berdiri sejak tanggal 28 Agustus 1961. Menurut Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta (Primkop Polda Metro Jaya) , Koperasi Mitra Maju Jaya telah resmi terdaftar dengan Badan Hukum No. 1121 A/1967 tanggal 31 Maret 1969.

Pada saat pertama kali berdirinya Primkop Polda Metro Jaya bernama Koperasi Simpan Pinjam Komdak VII Jaya.  Lalu, sesuai dengan perkembangan dan struktur organisasi, maka Koperasi Simpan Pinjam Komdak VII Jaya diubah menjadi Primkoppak (Primer Koperasi Angkatan Kepolisian). Perubahan ini dilakukan pada tahun 1965 dengan disusun organisasi sebagai berikut:

1. Inkopak (Induk Koperasi Angkatan Kepolisian) tingkat provinsi/polda
2. Gakopak (Gabungan Koperasi Angktan Kepolisian) tingkat provinsi/polda
3. Puskopak (Pusat Koperasi Angkatan Kepolisian) tingkat keresidenan/polwil
4. Primkoppak (Primer Koperasi Angkatan Kepolisian) tingkat kabupaten/polres


Pada tahun 1975, Angkatan Kepolisian berganti nama menjadi Kepolisian Negara. Oleh karena itu, organisasi koperasi mengalami perubahan menjadi Koppol dengan susunan sebagai berikut:
1. Inkoppol Tingkat Nasional/Mabes
2. PuskoppolTingkat Propinsi/Polda
3. Primkoppol Tingkat Kabupaten/Polres

Dengan adanya perubahan-perubahan tersebut, maka Koperasi Simpan Pinjam Komdak VII Jaya akhirnya berganti nama menjadi Primer Koperasi Kepolisian Daerah Metro Jaya atau disingkat Primkop Polda Metro Jaya. Kemudian pada tanggal 2 Juli 2009, Primer Koperasi kepolisian Daerah Metro Jaya berganti nama menjadi Primer Koperasi Mitra maju Jaya.

Alasan mengapa di sediakan koperasi ini yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota personil Polri/PNS, serta sebagai alat /sarana untuk mengembangkan kegiatan di lingkungan polri.

Tugas Pokok

Tugas pokok Primkop Mitra Maju Jaya, antara lain:
1. Menjalankan usaha perkoprasian di dalam maupun diluar Polda Metro Jaya
2. Melaksanakan kebijakan pimpinan di bidang perkoprasian dengan meningkatkan kesejahteraan bagi anggota

Pengurus Koperasi Mitra Maju Jaya

Ketua              : Kompol. Ratnawati Yatim
Sekretaris      : Penda. Marsudi Widagdo
Bendahara     : AKP. Lus Triingsih

Keanggotaan

Anggota Koperasi Mitra Maju Jaya terdiri dari  3.912 anggota, yang terdiri dari 3.543 Polri dan 369 PNS Polda Metro Jaya.

Unit Usaha

Unit usaha dari Koperasi Mitra Maju Jaya terdiri dari dua bidang, yaitu :

1. Unit Usaha Simpan Pinjam
Sumber dana dari unit simpan pinjam berasal dari: 

  • simpanan pokok sebesar Rp 30.000 (saat mengajukan pinjaman) dan 
  • simpanan wajib Rp 50.000 

Keduannya dipotong dari gaji anggota setiap bulannya. 
Dan bagi anggota yang meminjam dikenakan bunga sebesar 1% dari jumlah pinjaman. Batas peminjaman maksimum adalah Rp. 50.000.000 dan batas waktu maksimum mencicil adalah 36 bulan, itu semua tergantung dari kesepakatan saat ada anggota yang ingin meminjam.

2. Unit Pertokoan
Unit ini menjual berbagai barang seperti:
  •  Elektronik
  • Alat rumah tangga
  •  Pangan
  • Pecah belah/sandang. 

Barang barang tersebut dapat dibeli secara kredi atau pun kontan. Jika pembelian secara kredit, pembayarannya dilakukan setiap bulan dengan jumlah bunga sama dengan unit simpan pinjam, yaitu 1 %.

Kendala yang di Hadapi

Dalam hal pelayanan, selama ini tidak ada kendala yang di hadapi, karena semua bisa terlayani dengan baik. Namun ada sedikit kendala yang berhubungan dengan anggota koperasi, yaitu jika ada anggota yang angsuran pinjamannya belum selesai, tapi mendapat tugas untuk di pindahkan ke luar daerah. Dan anggota tersebut harus membayar terlebih dahulu sisa pinjamannya sebelum dipindah tugaskan.


Kesimpulan

Kesimpulan dari observasi saya terhadap Primkop Mitra Maju Jaya yaitu:
Secara umum, Primkop Mitra Maju Jaya dapat memberikan pelayanan yang baik kepada anggotanya dan kegiatan usahanya di bidang pertokoan juga berjalan dengan baik, dan pemberian pinjaman uang kepada anggota dapat terpenuhi.

Saran

1. Untuk Meningkatkan pelayanan maka perlu adanya ruangan usaha yang lebih memadai dari yang sekarang.
2. Peran serta anggota sangat diharapkan guna memajukan usaha koperasi
3. Memperbanyak barang-barang yang dijual di unit pertokoan agar lebih bervariasi

Berikut adalah adalah surat keterangan dari Primkop Mitra Maju Jaya


1 komentar:

  1. Halo, nama saya Laima, saya adalah korban di tangan kreditur penipuan saya telah ditipu 27 juta, karena saya butuh modal besar dari 140 juta, saya hampir mati, tidak ada makanan untuk anak-anak saya, bisnis saya adalah hancur dalam proses saya kehilangan suami saya. Saya dan anak-anak saya tidak tahan lagi .all ini terjadi Januari 2015, tidak sampai saya bertemu seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu ibu yang baik Alexandra yang akhirnya membantu saya mendapatkan mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini terima kasih dan Allah terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan. alexandraestherloanltdd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,
    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; laimajelena@gmail.com untuk setiap informasi yang Anda perlu tahu, silakan dia adalah satu-satunya orang yang jujur saya dapat memberitahu Anda.
    Terima kasih

    BalasHapus