Rabu, 13 Maret 2013

Perkembangan Sistem Perekonomian

Pengertian Sistem Perekonomian

Sebelum mengetahui pengertian dari sistem perekonomian, lebih dulu kita ketahui apa yang dimaksud dengan sistem. Sistem merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak. 

Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.

Perkembangan Sistem Perekonomian

   1.      Sistem Perekonomian Pasar (Liberalis/Kapitalis)


 Liberalisme atau Liberal adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah  nilai politik yang utama.Liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama.Dalam masyarakat modern, liberalisme akan dapat tumbuh dalam sistem demokrasi, hal ini dikarenakan keduanya sama-sama mendasarkan kebebasan mayoritas. Liberalisme adalah sebuah ideolog yang mengagungkan kebebasan. Ada dua  macam Liberalisme, yakni Liberalisme Klasik dan Liberallisme Modern.

    Ada tiga hal yang mendasar dari Ideologi Liberalisme yakni Kehidupan, Kebebasan dan Hak Milik. Nilai-nilai pokok yang bersumber dari tiga nilai dasar Liberalisme yaitu:

 1) Kesempatan yang sama. (Hold the Basic Equality of All Human Being). Bahwa manusia mempunyai kesempatan yang sama, di dalam segala bidang kehidupan baik politik, sosial,ekonomi dan kebudayaan.Namun karena kualitas manusia yang berbeda-beda, sehingga dalam menggunakan persamaan kesempatan itu akan berlainan tergantung kepada kemampuannya masing-masing. Terlepas dari itu semua, hal ini (persamaan kesempatan) adalah suatu nilai yang mutlak dari demokrasi.

 2) Dengan adanya pengakuan terhadap persamaan manusia, dimana setiap orang mempunyai hak yang sama untuk mengemukakan pendapatnya, maka dalam setiap penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi baik dalam kehidupan politik, sosial, ekonomi, kebudayaan dan kenegaraan dilakukan secara diskusi dan dilaksanakan dengan persetujuan – dimana hal ini sangat penting untuk menghilangkan egoisme individu.

 3) Pemerintah harus mendapat persetujuan dari yang diperintah. Pemerintah tidak boleh bertindak menurut kehendaknya sendiri, tetapi harus bertindak menurut kehendak rakyat.(Government by the Consent of The People or The Governed).

4) Berjalannya hukum (The Rule of Law). Fungsi Negara adalah untuk membela dan mengabdi pada rakyat. Yang menjadi pemusatan kepentingan adalah individu.(The Emphasis of Individual).

5) Negara hanyalah alat (The State is Instrument).Negara itu sebagai suatu mekanisme yang digunakan untuk tujuan-tujuan yang lebih besar dibandingkan negara itu sendiri.

6) Dalam liberalisme tidak dapat menerima ajaran dogmatisme (Refuse Dogatism).

     Kebaikan Sistem Perekonomian Pasar (Liberalis/Kapitalis):
    1.Setiap individu termotivasi untuk mencari keuntungan
    2.Termotivasi untuk mencari keuntungan untuk dirinya sendiri
    3.Pemilihin sektor usaha disesuaikan dengan kemampuannya
    4.Meningkatnya efisiensi dan kualitas barang yang diproduksi

     Keburukan Sistem Perekonomian Pasar (Liberalis/Kapitalis)
     1.Terjadinya kesenjangan antara si kaya dan si miskin\
     2.Timbulnya monopoli dalam jangka panjang
     3. Terdapat eksploitasi SDA
     4.Timbulnya persaingan tidak sehat

  2.Perkembangan Sistem Perekonomian Perencanaan (Etatisme/Sosialis)


Sosialisme atau sosialis dapat mengacu ke beberapa hal yang berhubungan dengan  ideologi atau kelompok ideologi, sistem ekonomi, dan negara. Istilah ini mulai digunakan sejak awal abad ke-19. Dalam bahasa inggris, istilah ini digunakan pertama kali untuk menyebut pengikut Robet Owen pada tahun 1827. Di Perancis, istilah ini mengacu pada para pengikut doktrin saint-Simon pada tahun  1832 yang dipopulerkan oleh  Pierre Lireux dan J.Regnaud dalam l'Encyclopédie Nouvelle. Penggunaan istilah sosialisme sering digunakan dalam berbagai konteks yang berbeda-beda oleh berbagai kelompok, tetapi hampir semua sepakat bahwa istilah ini berawal dari pergolakan kaum buruh industri dan buruh tani pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20 berdasarkan prinsip solidaritas dan memperjuangkan masyarakat Egalitarian yang dengan sistem ekonomi menurut mereka dapat melayani masyarakat banyak daripada hanya segelintir elite.

Sistem ekonomi sosialisme sebenarnya cukup sederhana. Semua aspek ekonomi dianggap sebagai milik bersama, tapi bukan berarti harus dimiliki secara sepanuhnya secara bersama, semua aspek ekonomi boleh dimiliki secara pribadi masing-masing, dengan syarat boleh digunakan secara Sosialis, mirip dengan gotong-royong sebenarnya.

          Sistem Ekonomi Sosialis mempunyai kelemahan sebagai berikut :

    1)  Sulit melakukan transaksi Tawar-menawar sangat sukar dilakukan oleh individu yang terpaksa mengorbankan kebebasan pribadinya dan hak terhadap harta milik pribadi hanya untuk  mendapatkan makanan sebanyak dua kali. 

    2) Membatasi kebebasan System tersebut menolak sepenuhnya sifat mementingkan diri sendiri, kewibawaan individu yang menghambatnyadalam memperoleh kebebasan berfikir serta bertindak, ini menunjukkan secara tidak langsung system ini terikat kepada system ekonomi dictator. 

     3) Mengabaikan pendidikan moral Dalam system ini semua kegiatan diambil alih untuk mencapai tujuan ekonomi, sementara pendidikan moral individu diabaikan.

            Adapun kebaikan-kebaikan dari Sistem Ekonomi Sosialis adalah :
    1)      Disediakannya kebutuhan pokok Setiap warga Negara disediakan kebutuhan  pokoknya, termasuk makanan dan minuman, pakaian, rumah, kemudahan fasilitas   kesehatan, serta tempat dan lain-lain.

   2)  Didasarkan perencanaan Negara Semua pekerjaan dilaksanakan berdasarkan perencanaan Negara Yang sempurna, diantara produksi dengan penggunaannya. 

    3)      Produksi dikelola oleh Negara Semua bentuk produksi dimiliki dan dikelola oleh  Negara, sedangkan keuntungan yang diperoleh akan digunakan untuk kepentingan-  kepentingan Negara.

     3. Sistem Ekonomi Campuran


Dalam sistem ini berusaha memadukan dua sistem yang bertolak belakang secara ekstrim di atas, dimana dalam menentukan suatu dasar sistem perekonomian suatu negara, berusaha membandingkan dan mengambil kebaikan-kebaikan dari kedua sistem tersebut. Dalam hal ini dibedakan dari suatu proses mana yang akan dikuasai oleh negara dan oleh swasta dalam rangka mencapai suatu kemakmuran masyarakat atau sering disebut dengan ekonomi kolektif atau ekonomi pasaran sosial.

Dalam sistem ini pula, kekuasaan pemerintahan negara dan kebebasan individu atau masyarakat berdampingan dalam kadar yang berbeda-beda sesuau dengan falsafah atau dasar sistem sosial masyarakat. Ada campuran yang lebih mendekati kapitalis karena kadar kebebasan relatif lebih besar. Ada pula campuran yang lebih mendekati sosialis karena kadar dan peranan pemerintah yang relatif besar dalam proses ekonomi.

Tapi dalam bentuk berbagai campuran, ini bersumber dari ekonomi bangsa, termasuk alat produksi dimiliki oleh individu atau kelompok swasta disamping sumber-sumber tertentu yantg dikuasai oleh pemerintah pusat. Untuk itu dalam sistem ekonomi campuran paling tidak ada dua sektor, yaitu sektor negara (sektor pemerintah dan sektor publik) dan sektor swasta.

Sistem campuran melahirkan ekonomi pasaran sosial, yang memungkinkan terjadi persaingan dipasaran bebas, tapi bukan persaingan mati-matian, sedang campur tangan pemerintah dilancarkan untuk menyehatkan kehidupan ekonomi, mencegah konsentrasi yang terlalu besar dipihak swasta (kapitalkisme), mengatasi krisis-krisis, dan membantu golongan yang secara ekonomis lemah.

Untuk itu nama lain yang identik dengan sistem ekonomi campuran adalah negara kemakmuran, negara kesejahteraan, demikrasi ekonomi dan masyarakat adil makmur.

Kesimpulan

Negara - negara di dunia pasti memiliki sistem perekonomian untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya. Dan dari sistem  - sistem perekonomian yang dijelaskan tadi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing - masing, jadi setiap negara mempunyai sistem perekonomian yang berbeda tergantung dari ideologi atau kepercayaan dari negara tersebut.

Source :
http://www.crayonpedia.org/mw/BSE:Pelaku-
http://www.animers.net78.net/sistem-perekonomian-indonesia/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar